Minggu, 30 Januari 2011

Kisah Tentang Kekerasan Seksual Prajurit TNI di Papua Barat


Kisah Tentang Kekerasan Seksual Prajurit TNI di Papua Barat
Wensislaus Fatubun
Staf peneliti dari Promotor Keadilan dan Perdamaian MSC Indonesia/Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung, Merauke


AGUSTUS 2009, selama dua minggu saya tinggal di Kampung Bupul. Kampung Bupul merupakan wilayah administrasi dari Distrik Elikobel, Kabupatem Merauke, Papua. Kampung yang belum sepenuhnya terintegrasi dengan sistem ekonomi pasar itu, terletak di kawasan perbatasan Papua, Republik Indonesia dan Negara Papua New Guinea. Karena posisinya itu, kampung Bupul masuk dalam kategori kampung perbatasan dan membutuhkan pengamanan dari Tentara Nasional Indonesia (TNI).
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjZTbQkkv5_gcc_EUImoThcWz0l60AyOatHl8djYkfHMMbtyC5JDHswU_PCN7H1Q7UZ6IbFP4T2WK-Zrpo2XfqyzGssD-7OBqrGZjk2VT-FhWvuC5xSteBljbA_2Y49sjSEyycjLKmgt3c/s1600/img-head-papua.gif



Pada tahun 1983, Pos TNI-AD untuk pertama kalinya dibangun di Kampung Bupul. Markas itu berdekatan dengan gedung Pastoran Katolik. Pasukan pertama yang bertugas di sana berasal Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), satuan tugas teritorial (satgaster) Raider Yonif 751/BS, Siliwangi. Jumlah personil satgaster yang bertugas saat itu sebanyak sepuluh personil. Karena pertimbangan keamanan, Pos TNI-AD berpindah tempat beberapa kali. Sejak tahun 2007 hingga kini, Pos TNI-AD dihuni oleh 22 personil Kostrad TNI-AD Yonif 320/Badak Putih, berlokasi di pinggir kali Maro. Itu sebabnya, pos ini diberi nama Pos Kali Maro. jaraknya satu kilometer dari Kampung Bupul. Pada tahun 2008 hingga 2009, personil Kostrad TNI-AD Yonif 320/Badak Putih digantikan oleh dua puluh dua pesonil Kostrad TNI-AD Yonif 752/Vira Yuda Sakti (VYS) - Sorong, Papua.

Hasil penelitian Promotor JPIC MSC Indonesia/Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke (SKP-KAM), pada November 2008, ditemukan kurang lebih ada 30 pos TNI dari satuan Kostrad TNI-AD PamTas di wilayah perbatasan Kabupaten Merauke. Sementara itu, dalam artikel berjudul Anatomi Separatis Papua, Mayor ARM Fence D. Marani menyebutkan terdapat 114 Pos TNI PamTas yang digelar di sepanjang perbatasan.

“Gelar pasukan ini sebagai bentuk respon terhadap kelompok separatis Papua yang masih saja terus menyuarakan aspirasinya melalui berbagai macam cara dan kegiatan. Isu Otonomi Khusus gagal dan tinjau Pepera dijadikan dalih untuk melakukan aksi-aksi unjuk rasa mendiskreditkan Pemerintah/TNI yang muaranya menuntut referendum bagi Papua”, tulisnya.

Masih dalam tulisan yang sama, Marani menegaskan, “Masyarakat di Papua mudah terpengaruh ide separatis karena kurang wawasan kebangsaan, khususnya di daerah pedalaman”. Dengan dalih tersebut, kehadiran TNI merupakan solusi untuk memberantas gerakan separatis dan meningkatkan wawasan kebangsaan Indonesia.

Pendapat berbeda dikemukakan pengamat sosial George Junus Aditjondro. Dalam suatu kesempatan pertemuan di Kota Jayapura, intelektual pemberontak ini menegaskan, ada beberapa alasan penempatan pasukan TNI di Papua: pertama, alasan remiliterisasi, yakni menghidupkan kembali peran militer. Ini sebagai reaksi terhadap pemisahan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dari Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI). Pemisahan itu telah memberikan ‘leverage’ kepada Polri untuk urusan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) dan mengurangi kekuasaan TNI di wilayah perbatasan; kedua, kehadiran pasukan TNI dijustifikasi (dibenarkan) oleh "kemungkinan" adanya serangan musuh dari luar; ketiga, mencegah terjadinya pelarian lintas batas; keempat, semakin menguatnya identifikasi masyarakat setempat (Papua) dengan negara jiran (PNG), atau aneksasi "kantong-kantong" di perbatasan oleh negara jiran; kelima, pengamanan terhadap "proyek-proyek vital", yakni kegiatan perusahaan besar di bidang kehutanan, perkebunan, perikanan, dan pembangunan prasarana, konversi hutan primer menjadi perkebunan, khususnya perkebunan kelapa sawit yang sangat didukung oleh militer karena mempermudah operasi militer untuk mengejar gerilyawan; keenam, pengamanan proyek-proyek transmigrasi dari serangan kelompok bersenjata; dan ketujuh, intimidasi terhadap rakyat yang bermaksud menuntut hak-hak atas tanah, tanam-tumbuh, dan perairan berdasarkan hak ulayat mereka; kedelapan, pembagian kue rezeki di antara berbagai Angkatan, dan antara TNI dan Polri untuk menghindarkan konflik di antara mereka; dan terakhir, untuk “Membeli” loyalitas Angkatan Bersenjata terhadap rezim yang berkuasa selama supremasi sipil belum berlaku, sehingga hubungan baik dengan militer dan polisi masih perlu dibina.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmGPEWNgWUK-c86vtHm2g5K_WUYUtt7cx60K4uQ1D3BNdAXTxxgpTOvI3DUB_QC5pk9IIpJ_kPw52c3fuaXQX8m92QOR5XRIUtwjsssuSP8Q5Ed4EIRzbwmE2sW9wzHLKDhMNrc3qk2JY/s1600/img-Maria-Goreti-Mekiw.jpg
Maria Goreti Mekiw

BERBEDA DENGAN slogan TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang ingin menciptakan dan menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat, dalam kenyataannya kehadiran Pos Kali Maro TNI-AD PamTas (pengamanan perbatasan) dari satuan Kostrad di Bupul Kampung, telah mendatangkan rasa tidak aman bagi warga kampung tersebut.

Bagi Keluarga Maria Goreti Mekiw, tentara yang bertugas di Pos Kali Maro, terkenal sebagai tukang mengganggu anak perempuan atau istri orang, suka memukul warga jika berbuat salah, suka mengajak anak muda kampung untuk meracik minuman dan minum sampai mabuk, suka menggunakan senjata api untuk tembak kangguru hutan, dan suka memakai kendaraan roda dua milik warga seenaknya. Singkatnya, tentara selalu membuat kehidupan kampung tidak aman.

Pada umumya warga kampung berpendapat, anggota TNI-AD PamTas asal Papua yang paling kurang ajar dan tidak tahu aturan. Tentu saja tidak semua penduduk di kampung Bupul berpendapat sama. Sr. Florentina Bibak, dari konggregasi Putri Bunda Hati kudus (PBHK), adalah contohnya. Menurut Bibak, tentara yang bertugas di kampung itu perilakunya sopan, tahu etiket, bersih, suka merawat diri dan suka menolong.

“Warga kampung di sini yang salah, terutama para perempuan kampung yang gatal. Suka ganggu dan rayu tentara dari pos. Perempuan kampung itu hamil dan memiliki anak dari tentara, karena perempuan kampung suka merayu tentara. Tentara disini baik dan sopan”, ungkap Sr. Florentin Bibak, PBHK saat bertemu saya di Kampung Bupul pada Agustus 2009.


KETIKA PERTAMA kali menginjakkan kaki di Kampung Bupul, para anggota TNI-AD langsung mengadakan rapat dengan warga. Tujuannya memperkenalkan diri sembari menjelaskan misi kehadiran mereka di kampung terpencil dan miskin itu. Setelah itu, anggota tentara ini hampir setiap hari, selama tugasnya, berkunjung ke rumah-rumah warga sambil menenteng senjata.

Lucunya tidak semua rumah warga beroleh “kehormatan” untuk dikunjungi para serdadu itu. Kunjungan hanya dilakukan ke rumah-rumah tertentu, bergantung pada kebutuhan tentara tersebut. Misalnya, jika mereka menginginkan burung cendrawasih, anak perempuan, sepeda motor, dan lain sebagainya. Khusus rumah yang ada anak perempuannya, biasanya sebelum berkunjung tentara menanyakan kepada teman tentaranya yang telah bertugas lebih dulu untuk mendapat sejumlah nama perempuan. Begitu nama dikantongi, “pendekatan” segera dilakukan untuk selanjutnya dipacari.

Terdapat kurang lebih 16 rumah warga yang rutin dikunjungi oleh para tentara itu dan ada 12 perempuan yang mereka pacari. Kunjungan para tentara berlangsung hampir setiap hari, bahkan bermalam di rumah perempuan bersangkutan. Selain rumah, dusun sagu dan tempat pesta dansa serta tempat-tempat sunyi dan gelap, seperti gua Maria Gereja Katolik juga dijadikan tempat pertemuan antara anggota tentara dan perempuan sasarannya.

Agar bisa memacari perempuan desa dan kemudian melakukan hubungan layaknya suami istri, para serdadu itu menjalankan strategi yang lumayan tokcer. Pada mulanya, mereka minta berkenalan dan selanjutnya berkunjung ke rumah korban. Agar hubungan itu terlihat serius, para tentara ini kemudian menjadikan orangtua korban sebagai orangtua angkatnya. Setelah prosesi ini sukses, kemudian oknum tentara menawarkan diri untuk mengikuti korban ke dusun sagu dengan alasan menjaga keamanan korban saat pangkur sagu. Setelah melewati beberapa waktu, kunjungan ke rumah “pacar” tak hanya berhenti di ruang tamu. Tapak kaki tentara itu terus melangkah memasuki kamar tidur sang pacar. Tak ada yang bisa melarang, karena toh si tentara sudah dianggap sebagai anak sendiri.

Selain rajin mengunjungi rumah warga, tempat lain yang menjadi favorit para tentara di kampung Bupul adalah biara susteran Putri Bunda Hati Kudus (PBHK). Di tempat ini, mereka biasa melakukan aktivitas masak-memasak dan tidur siang. Sepeda motor milik biara susteran, juga sering dipakai oleh tentara Pos Kali Maro untuk pelbagai urusan.

Sr. Florentina Bibak, PBHK., sebagai penghuni rumah biara, oleh para tentara telah dianggap sebagai orangtua angkat. Para tentara sering menyebut sang suster dengan sebutan “mami”. Kedekatan Sr. Bibak, dengan anggota TNI-AD PamTas dari Pos Kali Maro sudah berlangsung sejak 2007. Sebelumnya, Sr. Bibak, sangat menentang perilaku TNI-AD dari Pos Kali Maro yang selalu mengintimidasi dan memukul warga kampung, khususnya penghamilan terhadap perempuan kampung. Menurut Pastor Paroki Bupul, P. Felix Amias, kedekatan Sr. Bibak, dengan tentara yag bertugas di Pos Kali Maro nulai berlangsung sejak Sr. Bibak tinggal seorang diri di biara susteran. Tepatnya sejak saudara setarekatnya, Sr. Yulyana, PBHK., dipindakan dari kampung Bupul ke Kalimantan pada pertengahan tahun 2006.

Mengapa seorang biarawati Katolik begitu dekat dengan tentara? Menurut Komandan Pos TNI AD Yonif 752/ Vira Yuda Sakti (VYS) di Kali Maro, Sersan Daryanto, kedekatan para tentara Pos Kali Maro dengan Sr. Bibak, karena tentara sudah menganggap sang suster sebagai “mama”. Selain itu Sr. Bibak juga selalu dimintai tolong untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dialami oleh tentara Pos Kali Maro. Misalnya, masalah tentara yang menghamili perempuan. Cerita lain yang beredar dari mulut tentara menyebutkan, Sr. Bibak adalah informan yang selalu menceritakan keadaan atau situasi kampung.

Yang menarik, sebelum memiliki kedekatan dengan para prajurit TNI, Sr. Bibak menjadi kontak person untuk Sekretariat Keadilan dan Perdamaian Keuskupan Agung Merauke (SKP-KAM) di Kampung Bupul. Pada masa itu, Sr. Bibak sangat aktif mengikuti pelbagai kegiatan yang dibuat oleh SKP-KAM. Pandangannya terhadap warga kampung Bupul pun sangat positif. Tapi, semua itu berubah drastis sejak Sr. Bibak “Mami” dari para prajurit TNI.

“Perempuan-perempuan di kampung Bupul itu hidup seperti babi. Makan sagu seperti babi. Rumah mereka sangat kotor dan mereka tidak tahu mandi”, ujarnya suatu ketika.


HARI ITU, Kamis 28 Agustus, kala matahari minta pamit di ufuk barat, saya dan Hellen Kewamijai bertemu Maria Goreti Mekiw di Bupul Kampung. Hellen Kewamijai adalah salah satu perempuan korban perilaku seksual tentara di Pos Kali Maro.

Ada 19 perempuan korban kekerasan seksual TNI-AD PanTas di Bupul Kampung, Distrik Elikobel, Merauke. Total dari tahun 1992 sampai tahun 2009, terdapa 53 perempuan Papua asal kampung Bupul 12, Bupul, Kwel, Erambu, Toray, Sota, Yanggandur, Rawa biru, Tomerau, Tomer, Kuler, Onggaya, Ndalir dan Nasem, yang menjadi korban kekerasan seksual prajurit TNI ini. mereka dipacari, dihamili hingga melahirkan anak, dan ditinggal begitu saja tanpa jejak.

Saya dan Hellen menemui Maria Goreti, yang juga adalah perempuan korban kekerasan seksual aparat TNI-AD PamTas dari Yonif 320/ Badak Putih, Bandung. Tidak seperti korban lainnya, Maria Goreti mau bercerita secara terbuka. Maria Goreti berumur 20 tahun, berkulit terang dan tampak cantik dengan rambut keritingnya yang diribonding.

“Saya dihamili dan ditinggal pergi oleh seorang prajurit TNI-AD asal Bandung,” katanya memulai cerita.

Adalah prajurit dua (Prada) Samsul Bakri Baharudin, yang sempat singgah di hatinya. Waktu itu, kakak Samsul, begitu Maria Goreti menyapa Prada Samsul Bakri Baharudin, berkunjung ke rumahnya yang tidak jauh dari Pos TNI-AD PamTas. Rumah keluarga Goreti adalah rumah panggung sederhana dengan dua kamar dan beratap daun rumbia. Tidak ada kamar tamu. Untuk melindungi diri dari dingin dan panas matahari, rumah itu didinding setengah papan dan setengah daun rumbia, sementara lantainya beralaskan batang pohon nibung.

Pada pertemuan pertama, kakak Samsul sangat sopan dan baik. Biskuit ransum, energen dan susu yang dibawa kakak Samsul dari Pos TNI-AD dijadikan santapan yang menemani percakapan mereka. Kegiatan ini berlangsung hampir setiap hari.

“Semakin lama saya merasa semakin dekat dengan kakak Samsul. Saya semakin tertarik sama dia. Setiap hari ingin selalu ketemu kakak Samsul,” ungkapnya di sela-sela tangisan anaknya, Agustina Mariani. Setelah membujuk anaknya untuk diam, Maria Goreti melanjutkan ceritanya.

“Kamu sudah punya pacar atau belum”, tanya prada Samsul.

“Belum, kakak.”

“Apakah saya bisa masuk?”

“Iya, bisa kakak. Tapi, saya masih sekolah.”

“Tidak apa-apa. Saya tetap jamin kamu sekolah dan tidak buat apa-apa”.

Waktu kakak Samsul mengungkapkan cintanya ini, tak sedikitpun Maria Goreti menaruh curiga. Tidak juga pikiran negatif lainnya. Maria Goreti terima dan berharap kakak Samsul akan menikahinya.

“Ketika mulai sekolah di SMK Negeri Elikobel dan masuk asrama Fajar Timur, saya jarang sekali bertemu dengan kakak Samsul. Tapi, kakak Samsul selalu datang ke rumah dan ketemu mama dan bapa. Kakak Samsul selalu tanya keadaan saya. Orangtua saya selalu menjawab bahwa saya sekarang bersekolah dan tinggal di asrama Fajar Timur. Lalu, pada waktu saya pulang ke rumah untuk mengambil bahan makanan, mama dan bapa selalu beritahu saya bahwa kakak Samsul ada tanya-tanya saya terus. Saya terkejut serentak bangga. Tapi, sering bertanya dalam hati, ada apa dia tanya-tanya saya terus? Apakah ini bukti kalau dia mau serius dengan saya?”

Kurang lebih tiga bulan sudah Maria Goreti berpacaran dengan kakak Samsul. Pada suatu malam, 26 April 2008, kira-kira pukul 02.00 waktu Indonesia Timur (Wit), ketika Maria Goreti dan keluarga sedang tertidur lelap, kakak Samsul datang berkunjung.

Kakak Samsul mengetuk pintuh rumah Maria Goreti sambil panggil namanya. Maria Goreti terkejut bangun dan melangkah menuju pintu. Tapi, Maria Goreti terlambat beberapa langkah dari bapaknya, yang lantas membukakan pintu untuk kakak Samsul. Setelah masuk, kakak Samsul taruh tas berisi beras dan supermi serta minyak goreng dan sauris (baca: ikan kaleng). Pemberian barang-barang itu seperti sebuah isyarat bagi orang tua Maria Goreti. Mereka lalu mempersilahkan sang prajurit dua itu untuk tidur bersisian dengan anak gadisnya

Di peraduan, hati Maria Goreti gelisah, tidak tenang dan gugup. Dia takut. Cahaya lampu pelita dari ruang tengah tidak bisa mengatasi rasa takutnya. Tiba-tiba kakak Samsul berbisik:

“Maria, kamu harus buktikan kalau kamu sayang sama saya.”

“Buktikan apa?”

“Yang kamu sudah tahu tho! Kamu harus berhubungan badan dengan saya,”

‘Saya tidak bisa.”

“Kalau kamu malam ini tidak mau berhubungan badan, saya tidak mau lagi pacaran dengan kamu. Saya akan ambil perempuan lain.”

Maria Goreti terkesiap. Ia memang takut berhubungan badan dengan prada Samsul. Apalagi mereka belum menikah. Tapi ia juga tak ingin kehilangan lelaki yang telah meluluhkan hatinya itu. Takut, gelisah, khawatir, dan sayang bergemuruh jadi satu. Akhirnya ia menuruti permintaan kekasihnya tersebut. Maka hubungan layaknya suami istri itu pun terjadi.

“Saya sulit menolak. Kakak Samsul sudah baik sama saya dan keluarga saya,” ungkapnya.

Setelah berhubungan badan, Maria Goreti sangat ketakutan. Muncul banyak pikiran dalam dirinya. “Apakah saya nanti hamil? Kalau saya hamil, apakah dia mau bertanggungjawab? Yang membuat saya lebih takut dan menyesal adalah saya sudah tidak perawan lagi. Saya telah berbuat dosa. Saya tidak bisa tidur sampai pagi. Saya banyak berpikir kalau dia tidak bertanggungjawab, adakah laki-laki lain masih suka sama saya?” kisahnya sambil meneteskan air mata.


KETAKUTAN Maria Goreti sangat berdasar, apalagi ia adalah anak adat suku Malind. Anak gadis dalam pandangan Malind-anim, adalah suatu kebanggaan, suatu Mbulalo(attribut/ hiasan), suatu pegangan dalam berbagai transaksi (dalam hal sebidang tanah atau dalam hal diadopsikan, atau dalam hal pengikat keluarga marga lain/kawin-dikawinkan, sebagai penolong dalam rumah tangga, dan seterusnya). Oleh sebab itu, dahulu kala, anak gadis selalu dijaga baik dan ketat, sehingga terhindar dari gangguan anak lelaki.

Tradisi ini rupanya mendatangkan rasa heran di kalangan misionaris Katolik pertama di masa itu. Mungkin dalam benak mereka terlintas bahwa para lelaki suku Malind mempunyai gairah seks tinggi, sehingga anak perempuan pasti diperkosa. Sebuah imajinasi liar yang ngawur.

Menurut Julianus Bole Gebze, “Hal perkosaan terhadap gadis-gadis ini baru terjadi secara besar-besaran pada waktu adat kebiasaan dirusak dengan kawin campur dan pembauran dengan suku-suku lain/bangsa-bangsa lain dalam Permulaan abad lalu”.

Dahulu di antara suku Malind sendiri, perkosaan atau pelecehan seksual terhadap gadis-gadis diancam dengan hukuman panah sampai mati. (Istilah Malind : “Bob me kimil-et= jangan sampai dia menjadi contoh yang buruk.) Atau perempuan itu sendiri yang dikeluarkan dari kampung atau dikawinkan dengan kakek tua.

Hukuman panah sampai mati, merupakan ancaman hukuman yang tertinggi. Biasanya jika kasus perkosaan atau pelecehan seksual ini dibawa ke sidang para tetua adat yang disebut Yelmam mean, si pelaku perkosaan dan atau pelecehan itu bisa dihukum dengan beberapa pertimbangan, misalnya dengan hukum bakar saja, tetapi bisa juga dibunuh secara Kambara (magias ritual).
Tapi hukuman adat ini tidak berlaku untuk Prada Samsul Bakri Baharudin!

Malam-malam jahanam itu terus berulang sampai Maria Goreti hamil. Akibatnya ia dikeluarkan dari Sekolah dan Asrama.

“Kemudian, saya tinggal di rumah dan kami sudah seperti suami istri. Kami berdua tidur sama-sama. Kami sering pergi ke dusun sagu sama-sama, sampai saya mengandung tujuh atau delapan bulan. Kandungan ini sesungguhnya tidak terlalu berat buat saya. Yang berat ketika dia harus pulang ke Bandung, karena masa tugasnya berakhir. Waktu dia pulang, pada tanggal 31 November 2008, hati saya sangat sedih. Mulai timbul rasa penyesalan, tapi masih sedikit berharap bahwa dia akan bertanggungjawab. Karena dia pernah janji untuk urus surat pindah tugas ke Merauke dan menikahi saya. Dia juga sempat meminta kepada kedua orangtua saya untuk jaga saya dan anak saya baik-baik. Saya juga dilarang pacaran pacaran dengan tentara yang menggantikan mereka, karena dia akan menikahi saya. Dia pesan kepada saya kalau anak lahir tolong dijaga baik-baik. Dan sebelum pulang, dia beri saya mobile phone untuk bisa telpon dia. Dia juga berikan pakaian dan kasur untuk saya.”

Tetapi, rupanya itu semua adalah pesan dan pemberian terakhir dari prada Samsul kepada Maria Goreti. Hingga kini, lelaki itu tak berkirim kabar kepada Maria Goreti dan anaknya. Ibu muda ini bukan tak berusaha menghubungi kakak Samsul. Ia pernah menulis surat untuk memberi kabar bahwa anak mereka telah lahir dan diberi nama Agustina Mariani. Tapi kakak Samsul seperti hilang ditelan bumi. Surat itu tak pernah berbalas.

“Saya akan terus menunggu kakak Samsul. Terserah orang mau bicara apa”, ungkapnya mengakhiri ceritanya.
 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2h3HfPaX6GCbxCMtuNhTIvcttLvlKBYsziFpB96UWEX-PWJgZm06GdzLAjzgvL-nqwdLuvvlEMkFs9lk0v_LhWSMimSPQbXMhjoBQv_MeBVS-qbeXVUWfOw3k40PNKj3-AnzOq452Bj0/s1600/img-Bapak-Davit-Kabajai-.jpg

Davit Kabajai

BERBEDA dengan Maria Goreti yang terus menyimpan asa untuk bisa bertemu dengan kakak Samsul, tidak demikian dengan Davit Kabajai. Lelaki paruh baya berusia 46 tahun itu, tidak mau lagi mengingat pengalaman pahit yang dialami keluarganya.

Siang itu, 15 April 2003, di tengah hiruk pikuknya kota Merauke, saya menemui Davit Kabajai di rumahnya yang tidak terlalu besar. Seperti rumah bantuan pemerintah lainnya, rumah Davit Kabajai terdiri dari dua kamar tidur dan satu kamar tamu. Berlantai tanah, berdinding papan dan beratapkan seng. Sementara dapur dibuat sendiri oleh Davit Kabajai di bagian belakang rumah.

Setelah berkenalan, Davit Kabajai dengan mimik muka serius mulai bercerita tentang tragedi yang menimpa keluarganya. Tak ada lagi rasa takut pada dirinya.

“Hari itu, 16 Maret 2003, saya dan keluarga saya mengalami peristiwa yang sangat menyakitkan hati dan perasaan. Peristiwa itu berkaitan dengan perlakuan seorang tentara, namanya Viky Areba, terhadap istri saya. Kalau saya ingat peristiwa ini, saya pasti akan menangis. Saya telah berusaha keras untuk melupakan kejadian buruk itu, tapi tidak bisa”, ungkapnya dengan kepala agak menunduk.

Ceritanya, pada 15 Maret 2003, Viky Areba yang oleh keluarga Kabajai sudah dianggap sebagai anak kandung, datang ke rumah dalam keadaan mabuk. Viky, seorang anggota TNI-AD Kostrad Yonif 733/Pattimura, dengan pangkat Pratu (prajurit satu).

Prajurit asal Fak-fak, Papua itu datang ke rumah kira-kira pukul 12 malam waktu Indonesia Timur. Dia ketuk pintu rumah. Waktu itu, Davit Kabajai sudah tertidur lelap. Mendengar bunyi ketukan, istrinya Lusia Kalujai membangunkan Davit yang kemudian membukakan pintu untuk Viky. “Viky masuk dan saya persilahkan dia tidur bersama dengan dua anak laki-laki saya. Malam itu, tidak ada sesuatu yang terjadi. Kami sekeluarga tidur dengan nyaman sampai pagi. Segalanya berjalan seperti biasa”, ujarnya.

Pagi keesokan harinya, seperti biasa, Davit keluar rumah mempersiapkan perlengkapan untuk pergi pangkur sagu di dusun. Tiga orang anaknya telah berangkat ke sekolah. Tinggal istrinya seorang diri di rumah. Sementara itu, Viky masih tidur terlelap.

“Pagi itu, ketika bapak dan anak-anak saya tidak di rumah, Viky bangun dan datang ke dapur. Saya sedang masak sagu. Viky membawa senjata dan menodong saya. Dia memaksa saya untuk berhubungan badan. Saya tidak mau, tapi Viky terus memaksa disertai ancaman: kalau tidak buka pakaian, maka dia akan membunuh saya. Saya takut dan dengan terpaksa membuka pakaian. Kemudian Viky perkosa saya. Setelah ‘pakai’ (baca: perkosa) saya, Viky pergi meninggalkan rumah. Viky pulang ke Pos Bupul”, cerita istrinya saat diminta keterangan oleh Komandan Pos TNI-AD PamTas Bupul I.

Ketika, Davit kembali dari pangkur sagu, ia disambut istrinya dengan tangisan sambil berlutut di hadapannya. Kontan Davit kaget dan dengan nada sedikit memaksa, ia bertanya kepada istrinya:

“Mama, ko (kamu) kenapa?”

“Adoh…bapa, saya dipakai (diperkosa) oleh Viky!”

“Mama, ko diperkosa atau ko suka dia dan kamorang(baca: kalian) berhubungan”.

“Bapa, saya diperkosa. Saya ditodong dan disuruh untuk buka pakaian. Saya tidak mau, tapi dia todong saya dengan senjatah. Saya takut dan saya buka pakaian. Lalu dia perkosa saya.”
Lusia, perempuan malang berusia 34 tahun tak berhenti menangis. Davit pun langsung memeluk istrinya. Mereka berdua menangis tersedu.

“Setelah saya dengar semua cerita istri, saya langsung pakai pakaian adat. Bersama istri, kami pergi mengadap Dan Pos Bupul I”, ungkapnya dengan nada meninggi. Sesampai di depan Pos, dua orang tentara keluar menghadapi mereka.

“ada apa bapa?”

“Saya mau ketemu Dan Pos dan Viky.”

“Mari masuk, Bapak.”

Davit dan istrinya masuk dan duduk di tempat duduk yang tersedia. Tak lama kemudian Dan Pos keluar menemui mereka.

“Waktu itu, saya sangat marah. Saya menangis. Saya bilang ke Dan Pos begini, ‘Bapa, mana Viky. Viky itu sudah kurang ajar sama saya. Dia sudah pakai istri saya. Mana dia?’ Saya bicara sambil menangis. Saya berpikir, kalau hari ini saya mati maka saya harus mati bersama Viky”, ujarnya.

Viky kemudian dipanggil oleh Dan Pos, dan dipertemukan dengan Davit dan istrinya. Hati Davit semakin sakit ketika Viky menyangkal semua yang terjadi. Amarahnya membuncah, hampir saja pedangnya menebas leher prajurit kurang ajar itu. beruntung Dan Pos bisa mendinginkan hatinya. Davit kemudian memaksa istrinya untuk bercerita.

“Ketika istri saya cerita, Viky marah-marah dan mengancam istri saya bahwa mereka dua berhubungan karena istri saya yang mau. Istri saya yang rayu Viky. Saya marah sekali”, ungkapnya. Davit lalu mengatakan kepada Dan Pos, Viky dan Istrinya:

“Bapa Dan Pos, kalau hari ini, istri saya bilang bahwa dia dan Viky berhubungan tanpa ada penodongan, maka hari ini juga saya akan bunuh dia di tempat ini. Bapa Dan Pos, kalau istri saya bilang dia tidak diperkosa, maka saat ini juga saya akan penggal kepalanya Viky pakai parang saya ini.”

Lalu ia tanya istrinya,

“Mama, benarkah kamu dan Viky berbuat tanpa Viky todong? Jawab benar atau tidak!”

“Bapa, saya diperkosa oleh Viky”, ungkap istinya sambil menangis.

Pedang memang urung menebas leher Viky. Sebagai gantinya, Davit meminta untuk didenda dengan harga Rp. 2.500 ribu., tapi Dan Pos hanya bisa berikan Rp. 250 ribu kepadanya. Uang diisi dalam amplop dan diberikan kepadanya.

Ulah Dan Pos itu membuat Davit marah. Kepada Dan Pos dan Viky, ia kemudian mengatakan, “Martabat istri saya tidak bisa dihargai dengan uang, tapi karena saya juga menghargai bapa-bapa, jadi saya minta untuk didenda sebesar Rp. 2.500 ribu. Tapi bapa-bapa ternyata tidak bisa menyanggupi permintaan saya. Viky, saya akan lapor ko ke atasan”.

Kejadian pahit itu telah mendatangkan rasa malu tak terhingga pada keluarga Davit Kabajai. Karena malu dengan warga kampung, Davit kemudian memboyong keluarganya pergi ke kali Baidup dan bangun rumah di sana. Mereka tinggal di sana sampai sekarang.

“Sampai hari ini, saya belum lapor dan mengurus kasus ini. Saya selalu berharap agar
Viky dihukum dan dipecat” ungkapnya menutup kisahnya.***

(http://indoprogress.blogspot.com/2010/09/sepi-maria-tanpa-sang-prada.html#more yang di posting pada 21 September 2010  )
-------TERIMAKASI---------
ARTKEL TERKAIT
Seputar Papua



Diposkan oleh Auki G. T. di Bogor 10:15 http://www.blogger.com/img/icon18_email.gifhttp://www.blogger.com/img/icon18_edit_allbkg.gif
Link ke posting ini

75 komentar:

  1. saya harap kelakuan dari aparat yang ada di perbatasan.perlu dirubah dan bertobat untuk orang-orang yg telah melakukan perbuatan tidak terpuji tersebut akan mendapatkan balasan yang setimpal baik di dunia dan akherat

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika mbah kaboireng atao akimupeng pintar nebaknomer jitu tentu di beli sendiri ?? tanpaharus basabasi<<? tetapikalu ini hanya dongeng yah gakpaplah??

      Hapus
  2. Cream pembesar penis adalah cream terbaik yang telah teruji dan terbukti ampuh,menjadikan ukuran alat vital pria besar,panjangdan berotot secara permanen.Cream pembesar asli terbuat dari bahan-bahan alami,diantaranya adalah lemak binatang yang halal dan bersih.Diproses dengan metode kusus dan dicampur dengan bahan-bahan alami lain,sehingga menjadikan kualitas cream pembesar penis herbal.Cream pembesar penis lebih maksimal,disamping itu waktu pemakaian cream relatif sangat singkat.
    Cream pembesar aman bagi kesehatan,halal,tidak najis serta bebas dari efeksamping.Obat ini disebut cream ajaib di karenakan reaksi obat cream ajaib ini yang begitu cepat menjadikan penis besar dan panjang dibandingkan dengan produk obat pembesar penis lain yang mencapai waktu dua,tiga bulan bahkan lebih.
    Apa sih kelebihanya?
    Obat pembesar alat vital pria terbaik,cream ajaib aman tanpa efek samping ini dibandingkan dengan obat pembesar alat vital pria maupun obat pemanjang penis ampuh yang lain...?
    Manfaat cream ajaib:
    1.Membesarkan dan memanjangkan alat vital pria.
    2.membentuk otot-otot alat vital pria terlihat kuat dan kekar
    3.Menjadikan alat vital pria kencang dan keras saat ereksi.
    4.Meningkatkan produksi sperma.
    5.Tahan lama saat hubungan intim.
    6.Meningkatkan daya rangsang alat vital.
    7.Hasil yang didapat permanen atau patent.
    8.100% terbuat dari bahan herbal alami

    cream pembesar penis

    cream pembesar penis

    obat pembesar penis

    obat pembesar penis

    cream pembesar penis

    cream pembesar penis

    cream pembesar penis

    cream pembesar penis

    obat pembesar penis

    obat pembesar penis

    cream pembesar penis

    cream pembesar penis

    cream pembesar penis

    cream pembesar penis

    obat pembesar penis

    obat pembesar penis

    cream pembesar penis

    cream pembesar penis

    BalasHapus
  3. Segera daftarkan diri anda dan bermainlah di Agen Poker, Domino, Ceme dan Blackjack Nomor Satu di Indonesia

    SALAMPOKER(COM)
    Jadilah jutawan hanya dengan modal 10.000 rupiah sekarang juga !

    BalasHapus
  4. Assalammualaikum, terima kasih info yang bergunanya.!

    numpang link Pengobatan Pengencer Darah Kental Secara Alami

    BalasHapus
  5. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  6. Halo semuanya
    Damai sejahtera bagimu, aku adalah MRS GRACE MORGAN.
    Saya seorang muslim
    Saya ingin menginformasikan tentang penawaran kami,
    Kami menawarkan semua jenis pinjaman dalam mata uang yang berbeda,
    Jadi mohon kita bersumpah demi ALLAH,
    Jangan pernah menipu siapa pun dari Uang mereka,
    Jika Anda telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu,
    Inilah perusahaan yang tepat yang akan membantu Anda mendapatkan semua uang Anda,
    Kami juga memiliki orang-orang yang mendapat banyak keuntungan dari perusahaan.
    Silahkan hubungi Mrs Maureen via Maureenwiwik@gmail.com,
    Dia akan menceritakan bagaimana kita meminjamkan dia 1 miliar Rupiah dalam waktu kurang dari 48 jam.
    Kami menawarkan pinjaman dengan bunga sebesar 1-5%.
    Kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!
    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin perawatan segera
    Dalam waktu 48 jam.
    Kami menawarkan jumlah pinjaman EUR 2000-900000 dan Payment Term
    (1-30 tahun) untuk pembayaran kembali.
    Hubungi: Gracemorganloancompany@gmail.com atau BMM = 7BB7A5DC

    BalasHapus
  7. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  8. Saya bernama Suranto Nina dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada scammers dimana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di singapura dan saya scammed. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya tersandung pada pemberi pinjaman bernama Mrs Nicole Morgan, yang meminjamkan saya pinjaman dengan jumlah 800 juta dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%.

    Setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya, saya tercengang saat melihat saldo akun saya dan mendapati jumlah yang telah saya terapkan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Mrs Nicole Morgan tanpa penundaan. Dan saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa hambatan. Jadi, jika Anda perlu meminjam sesuatu, hubungi Mrs.Nicole Morgan melalui email: nicolemorganloan@gmail.com. Dan Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: ninasuranto4@gmail.com. Tolong saya ingin Anda memanfaatkan informasi ini dan bebas dari perjuangan finansial Anda.

    BalasHapus
  9. Saya bernama Suranto Nina dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mendidik semua orang yang mencari pinjaman untuk berhati-hati karena ada scammers dimana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya mengalami kerugian finansial, dan saya memutuskan untuk mencari pinjaman dari Man di singapura dan saya scammed. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya tersandung pada pemberi pinjaman bernama Mrs Nicole Morgan, yang meminjamkan saya pinjaman dengan jumlah 800 juta dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%.

    Setelah pinjaman saya dipindahkan ke rekening bank saya, saya tercengang saat melihat saldo akun saya dan mendapati jumlah yang telah saya terapkan telah dikirim langsung ke rekening saya oleh Mrs Nicole Morgan tanpa penundaan. Dan saya berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa hambatan. Jadi, jika Anda perlu meminjam sesuatu, hubungi Mrs.Nicole Morgan melalui email: nicolemorganloan@gmail.com. Dan Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: ninasuranto4@gmail.com. Tolong saya ingin Anda memanfaatkan informasi ini dan bebas dari perjuangan finansial Anda.

    BalasHapus
  10. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka ada di sini. Menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta Masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan Bisnis saya adalah tentang menabrak karena hutang.

    Seiring pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat diandalkan dimana Ibu Ana Michael bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp1.000.000.000,00, Dan mereka meminta surat kepercayaan saya yang saya sampaikan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan mungkin ini adalah salah satu tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, namun saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melesat ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan bahwa dia tidak Tahu tentang perusahaan fashion saya

    Jadi saya saran semua orang yang tinggal di indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  11. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka ada di sini. menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta Masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah tentang menabrak karena hutang.

    Seiring pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY dari Nigeria. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat diandalkan dimana Ibu Ana Michael bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp1.000.000.000,00, dan mereka meminta surat kepercayaan saya yang saya sampaikan dan setelah mereka selesai memverifikasi perincian saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah lelucon dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, namun saya tercengang. ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melayang ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan bahwa dia tidak tahu tentang perusahaan fashion saya

    Jadi saya saran semua orang yang tinggal di indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  12. Nama saya Ibu Maria Pedro, manajer cabang JAMINAN JAMINAN. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Temukan tidak lebih karena kita ada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !!! Kami memberikan kredit kepada perusahaan, entitas, dan individu bereputasi baik dengan suku bunga rendah dan wajar untuk jangka waktu tetap 1-30 tahun dan jangka waktu enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui email via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) Jangka waktu pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    BalasHapus
  13. Nama saya Ibu Maria Pedro, manajer cabang JAMINAN JAMINAN. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman hipotek, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tahu lebih banyak karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !!! Kami memberikan kredit kepada perusahaan, entitas, dan individu bereputasi baik dengan suku bunga rendah dan wajar untuk jangka waktu tetap 1-30 tahun dan jangka waktu enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui email via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) Jangka waktu pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    BalasHapus
  14. Butuh Bandar Online terpercaya ?
    Yuk join aja menjadi member Di TogelPelangi

    Menyediakan permainan ;
    Togel
    Live dd48red blue

    serta memberikan prediksi terakurat

    DISKON Pemasangan :
    4D ; 66%
    3D : 59%
    2D : 29%

    Support 4 Bank terbaik :
    BCA
    MANDIRI
    BNI
    BRI

    Hot Promosi Jackpot Super Lucky
    Promo New Member
    Komisi Referal 1%

    Daftar sekarang bos : www.togelpelangi.com/daftar

    Info dan contact :

    BBM D8E23B5C
    LINE togelpelangi
    No telp.dan W.a +85581569708

    Silahkan bos



    BalasHapus
  15. Halo,
    Nama saya Roni Dilla, saya adalah korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar $ 15000.00 karena saya membutuhkan modal besar sebesar $ 200.000,00. Aku hampir mati, aku tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan ini terjadi lagi. Pada bulan April 2017, teman saya mengenalkan saya pada ibu yang baik, Nyonya Maria Pedro, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan pinjaman tempat dia bekerja. Ibu Maria Maria yang baik, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih dan semoga Tuhan terus untuk memberkatimu Saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi saran kepada sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipu di luar sana, jadi jika Anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman dengan cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Maria Pedro dan Anda dapat menghubungi dia melalui email: mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com). Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya: (ronidilla5@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan tolong dia adalah satu-satunya orang yang dapat dipercaya dan dapat dipercaya dan jika Anda mencari pinjaman atau Anda memiliki orang yang tertarik dengan pinjaman harus menghubungi Maria Maria.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  16. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel di Malaysia, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati wanita jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja yang saya miliki Ide bagus untuk memulai bisnis tunggal saya sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka setara dengan jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor saya, yang membuat saya merasa kecewa

    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan curang dan curang, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doa saya dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer kepada saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus
  17. Nama saya Ibu Maria Pedro, manajer cabang JAMINAN JAMINAN. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk membayar hutang Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda, apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi, hipotek atau keperluan lain? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Temukan tidak lebih karena kita ada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !!! Kami memberikan kredit kepada perusahaan, entitas, dan individu bereputasi baik dengan suku bunga rendah dan wajar untuk jangka waktu tetap 1-30 tahun dan jangka waktu enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui email via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) Jangka waktu pinjaman:
    12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    Terima kasih

    BalasHapus
  18. Permisi pak

    Kami dari tim referal Togel pelangi
    ingin menawarkan pak bermain di bandar kami pak

    Dijamin aman 100% pak dan terpercaya pak

    tidak hanya togel saja kami mempunyai permainan dd48 red blue atau biasa disebut bola hoki
    disiarkan secara live jadi tidak mungkin ada kecurangan

    nah fasilitas yang didapat :
    - Deposit terjangkau hanya IDR 20.000
    - Diskon besar dan line banyak
    - Jackpot Singapore langsung diundi
    - Bonus deposit pertama kali
    - Referal 1%
    - Prediksi Harian lengkap update
    - Mempunyai situs wap
    - CS 24 jam ramah dan cepat



    Nah bagaimana pak ?
    Bila tertarik silahkan mendaftar disini pak

    www.togelpelangi.com/daftar ;)

    BalasHapus
  19. https://wsdsite.wordpress.com/2017/11/20/tekuk-lazio-roma-menangi-derby-della-capitale-edisi-169/

    BalasHapus
  20. Sebaiknya kolom komentar yang tidak sesuai dihapus saja karena sngt mengganggu dan jauh dari tpik pembahasan, dasar bodoh

    BalasHapus
  21. Ini adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, kami adalah pemegang saham ISKANDAR LENDERS prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah ISKANDAR LOAN FIRM LOAN itu ISKANDAR LENDERS jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)
    BBM: {D8980E0B} dll ...
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus
  22. Kami CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien terhormat kami yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai nol kredit Anda bisa menjadi dermawan kaya saat Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada kamu. Lupakan tentang kedatangan singkat finansial yang telah Anda hadapi dengan fokus pada kami dan kami meyakinkan dan menjamin bahwa tidak ada yang bisa menyamai kehidupan kredit Anda saat pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah Harap hubungi kami segera melalui email kami: [creditfinancialgroup01@gmail.com] BBM-INVITES{{{DDA46523}}}

    BalasHapus
  23. Kami CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan kredit / pinjaman kepada semua klien terhormat kami yang telah kehilangan harapan untuk mencapai kemandirian finansial bahkan dengan nilai nol kredit Anda bisa menjadi dermawan kaya saat Anda melalui layanan keuangan yang akan kami berikan kepada kamu. Lupakan tentang kedatangan singkat finansial yang telah Anda hadapi dengan fokus pada kami dan kami meyakinkan dan menjamin bahwa tidak ada yang bisa menyamai kehidupan kredit Anda saat pinjaman Anda telah dicairkan dalam waktu sesingkat mungkin karena semua proses kami sangat fleksibel dan ramah Harap hubungi kami segera melalui email kami: [creditfinancialgroup01@gmail.com] BBM-INVITES{{{DDA46523}}}

    BalasHapus
  24. kabar baik!!!!

    Hello All, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu. dan fraudstars banyak kreditor kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang nyata dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih mendapatkan pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dikeluarkan tanpa meminjam dari perusahaan mereka, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk menghubungi teman saya. yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar Rp400.000.000 dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak peduli berapa umur saya, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin menyarankan agar setiap orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com
    Dan Anda bisa mengikuti Mr dangote on instagram untuk lebih jelasnya di dangoteloancompany

    BalasHapus
  25. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  26. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  27. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  28. “Bismillah, ar-Rahman, ar-Rahim”.


    Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}


    Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP Dari meja kerja dan kantor CREDIT FINANCIAL GROUP tahun ini berjanji akan menjadi tahun lebih banyak uang di rekening bank Anda, hal ini karena kami mengelola CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan pinjaman kepada semua orang yang memiliki kebutuhan finansial besar tahun baru ini untuk memulai bisnis satu atau dua bahkan untuk merenovasi rumah mereka juga untuk menghidupkan kembali bisnis mereka dan jangan takut pada pemasangan bulanan Anda karena kami memiliki paket khusus untuk mempersiapkan Anda atau bahkan memberi kuliah tentang bagaimana menginvestasikan uang Anda dengan sumber daya yang sangat tinggi. bisnis jadi tolong jangan hanya duduk di sana dan kemudian membiarkan orang lain untuk maju secara finansial mengatakan tidak pada kemiskinan tahun ini mengatakan tidak kepada hutang tahun ini tahun ini adalah tahun yang luar biasa yang bisa membawa kemasyhuran Allah tidak menyangka kita menjadi miskin ketimbang kita menjadi bijak dalam menghasilkan uang dan kemudian menginvestasikan uangnya dalam bisnis yang sangat menggiurkan sehingga melalui ini kita di sini untuk meminjamkan Anda karena CREDIT FINANCIAL GROUP dipenuhi dengan dana yang telah Anda cari anda bisa menghubungi kami melalui detil kontak di bawah ini

    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus
  29. Nama saya Aisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah Indonesia (IDR600.000.000) dalam waktu kurang dari 72 jam tanpa tekanan dan hanya 2% tingkat suku bunga.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga dapat menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  30. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  31. Namaku Mrs. Maria Pedro, manajer cabang JAMINAN JAMINAN. Apakah Anda memerlukan pinjaman atau hipotek atau tunjangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman? Sudahkah anda menolak bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tahu lebih banyak tentang masalah keuangan di masa lalu !!! Kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, entitas dan individu dengan harga rendah dan wajar untuk jangka waktu tetap 1-30 tahun dan enam bulan sebelum dimulainya cicilan bulanan. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Jenis Kelamin:
    5) Status perkawinan:
    6) Pekerjaan:
    7) Nomor Telepon:
    8) posisi di tempat kerja:
    9) penghasilan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) Jangka waktu pinjaman:
    (12) Tujuan pinjaman:
    13) Tanggal Lahir:
    terima kasih

    BalasHapus
  32. DAFTAR DIRI ANDA JADI PEMENANG BERIKUTNYA
    Dari : Samul Ridwan Singapure: Terima kasih Mbah Agus Darma Nomer GHOIB Dari Mbah Benar-benar Tembus 8445 100% gol. saya sangat berterima kasih pada Mbah Agus Darma..Kini saya bisa Melunasi Hutang-hutang saya dan saya udah bisa buka usaha kecil-kecilan..Berkat usaha angka Ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma..Bagi Anda yang udah menemukan Blog Mbah Agus Darma..sangatlah beruntung bagi Anda..Jika Anda menginginkan seperti saya silahkan Anda Call/sms di : 0823-8738-4409 Terima Kasih Mbah Agus Darma..Moga2 Succes selalu Buat Mbah Agus Darma..!!!!
    Dari : Ibu Ayu Timur Leste " Terima Kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma…karena Angka Ghoib dari anda 100% gol..9323 Mantap…sekarang saya bisa bernapas lega mbah …Karena udah bisa melunasi hutang saya yang kalah karena main togel…Dan Moga2 Besok gol lagi Mbah..dan saya beli paket 4D lagi..!!! biar Bisa buat buka Usaha Mbah..Mohon Bantuan Angka Ritual Ghoib nya…Dan saya hanya bisa berpesan kepada siapa saja..jangan ragu-ragu untuk menjadi Member Mbah Agus Darma…Di Jamin Angka Ghoib Tembus 100%…Salam Succes
    Dari : Agus Wijaya Malaysi Tawu : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma…Berkat Angka Ghoib dari mbah…Semua hutan-hutang saya bisa terlunasi…angka ghoib dari Mbah Agus Darma benar jitu 100%, bagi anda yang kesulitan mencari angka ritual ghoib…bergabung aja dengan Mbah Agus Darma udah terbukti TokCer…Benar-benar Tembus 4 Angka…Terima Kasih Mbah Agus Darma…Succes Selalu Buat Mbah Agus Darma…salam kenal Buat teman yang suka nomor togel
    Dari : Ibu Ramlah Kalimatan " Mantep Banget Angka Ritual Ghoib anda Mbah Agus Darma…Kalau Tidak Ada Bantuan Angka Ritual Dari Mbah…Enggak Tau Nasib saya seperti apa…soalnya Udah banyak Dukun Togel yang saya mintai Angka Jitu.tapi tidak ada satupun yang berhasil…akhirnya saya menemukan Blog anda..dan kami akhirnya Coba-coba untuk bergabung…Walhasil angka ritual Mbah Agus Darma Benar-benar bikin saya Terkagum./ benar-benar Tembus 100%…kini hidup saya udah gak lagi di kejar-kejar Hutang…semua hutang udah kami lunasi berkat bantuan angka ritual Ghoib dari Mbah Agus Darma…sekali lagi kami sekeluarga mengucapkan terima kasih yang amat dalam kepada Mbah Agus Darma yang udah mengubah hidup keluarga kami…Salam Bahagia
    Dari : Ibu Uali Nunukan : Terima Kasih Mbah Agus Darma Darma semua yang anda berikan kepada saya…Angka Ritual Ghoib Eyang Benar-benar Tembus 100%…mohon ma’af mbah ini pengalaman saya …waktu itu pernah saya meminta bantuan kepada seseorang yg mengaku pintar meramu angka toto…dan saya harus bayar untuk mendapatkan angkanya…sampai2 saya hutang sana , hutang sini…tapi apa yg terjadi…angka yg saya terima tadi gak ada yang keluar…maspus dalam hati kecil saya..gmn saya harus bayar utang yang terlanjur menumpuk…hingga akhirnya saya di kasih info teman untuk mencoba menjadi Member di Mbah Agus Darma…Alhasil Angka Ritual Ghoib yang mbah kirim ternyata Jitu 100%..dan akhirnya terbayar sudah hutang2 saya….ini hanya sekedar pengalaman saya…untuk yang mau mencoba angka ghoib dari Mbah Agus Darma..tidak usah ragu-ragu…karena saya udah merasakannya…terima kasih Mbah Agus Darma…Salam Bahagia….!!!
    Dari : Sutiawan Timur Leste : Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada Mbah Agus Darma yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari Mbah Agus Darma yang sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih Mbah Agus Darma…Jika Anda ada merasa kesulitan masalah Nomer Toto silahkan Tanyakan Aja Pada Mbah Agus Darma…pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Succes

    BalasHapus
  33. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  34. Sepotong informasi ini adalah tentang kebiasaan baik dan perbuatan baik dari Perusahaan Pinjaman Adriana Malkova. Siapa sangka seseorang seperti Adriana Malkova tidak ada sampai saya menemukan salah satu iklan online mereka. Dia adalah malaikat yang dikirim dari atas. Saya Setyono Putro dan inilah yang Adriana Malkova lakukan dia menawarkan apa yang tidak dimiliki orang lain. Saya adalah pemilik bisnis yang menjadi hutang besar dengan Bank dan saya mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman tapi tidak ada yang berjalan dengan baik. Sebaliknya, mereka membawa saya ke hutang lebih banyak dan akhirnya meninggalkan saya 'jadi saat itulah saya bertemu dengan Adriana Malkova. Dia menawari saya pinjaman sebesar Rp 500.000.000 dengan suku bunga 2% bahkan ketika pada awalnya saya takut dia akan berakhir seperti perusahaan pinjaman lain yang saya coba pinjaman dari, tapi saya terkejut dia tidak seperti mereka. Sekarang saya akhirnya menyelesaikan hutang saya dan bisnis saya stabil dengan uang yang tersisa dalam pinjaman. Hubungi Adriana Malkova via e-mail. adrianamalkovaloan@gmail.com, atau Anda bisa menghubungi saya melalui e-mail saya jika Anda ingin tahu lebih banyak: putroholdins@gmail.com

    BalasHapus
  35. Izinkan Saya Mbah Agus Darma Untuk Memberikan Solusi Terbaik Untuk Anda Yang Sangat Membutuhkan.Ada Berbagai Cara Untuk Membantu Mengatasi Masalah Perekonomian,Dengan Jalan ; 1,Melalui Angka Togel Jitu ; Supranatural 2,Pesugihan Serba Bisa 3,Pesugihan Uang Balik/Bank ghaib 4,Ilmu Pengasihan 5,DLL HANYA DENGAN BERMODALKAN KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN,INSYA ALLAH ITU SEMUANYA AKAN BERHASIL SESUAI DENGAN KEINGINAN ANDA... Dunia yang akan mewujudkan impian anda dalam sekejab dan menuntaskan masalah keuangan anda dalam waktu yang singkat. Mungkin tidak pernah terpikir dalam hidup kita untuk menyentuh hal hal seperti ini. Ketika terpikirkan kekuasaan, uang dalam genggaman, semua bisa dikendalikan sesuai keinginan kita.Semua bisa diselesaikan secara logika.Tapi akankah logika selalu bisa menyelesaikan masalah kita. Pesugihan Mbah Agus Darma memiliki ilmu supranatural yang bisa menghasilkan angka angka putaran togel yang sangat mengagumkan, ini sudah di buktikan member bahkan yang sudah merasakan kemenangan(berhasil), baik di indonesia maupun di luar negeri.. ritual khusus di laksanakan di tempat tertentu, hasil ritual bisa menghasilkan angka 2D,3D,4D,5D.6D. sesuai permintaan pasien.Mbah bisa menembus semua jenis putaran togel. baik itu SGP/HK/Malaysia/Sydnei,Dll maupun putaran lainnya. Mbah Akan Membantu Anda Dengan Angka Ghoib Yang Sangat Mengagumkan "Kunci keberhasilan anda adalah harus optimis karena dengan optimis.. angka hasil ritual pasti berhasil !! BERGABUNGLAH DAN RAIH KEMENANGAN ANDA..! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!! Apakah anda Termasuk dalam Kategori Ini 1. Di Lilit Hutang 2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel 3. Barang berharga Anda Sudah Habis Buat Judi Togel 4. Anda Sudah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…Selama Mentari Masih Bersinar Masih Ada Harapan Untuk Hari Esok.Kami akan membantu anda semua dengan Angka Ritual Kami..Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja… Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 300.000 Paket 3D Sebesar Rp. 500.000 Paket 4D Sebesar Rp. 700.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    BalasHapus
  36. Ini adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, kami adalah pemegang saham ISKANDAR LENDERS prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah ISKANDAR LOAN FIRM LOAN itu ISKANDAR LENDERS jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)
    BBM: {D8980E0B} dll ...
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus
  37. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus
  38. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyaratan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biaya pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  39. Permainan judi togel adalah permainan merakyat yang sangat populer di Indonesia. Dulu orang bermain togel secara langsung dengan memberi nomer pada bandar. Togel merupakan permainan judi yang terlarang di Indonesia dan illegal. Maka banyak pemain judi togel zaman dahulu yang bermain togel secara sembunyi sembunyi karena takut tertangkap aparat penegak hukum dan masuk penjara.
    Seiring dengan perkembangan teknologi, permainan judi togel pun semakin berkembang. Sekarang ini para pemain judi bisa bermain judi togel secara online di beberapa situs judi online. Dengan bermain judi secara online, pemain judi tidak perlu takut akan tertangkap oleh penegak hukum karena judi secara online sangat sulit dilacak dan kerahasiaan data pemain juga dijamin oleh agen situs judi online.
    Permainan togel online banyak jenisnya seperti 2D, 3D, 4D, colok bebas, shio dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk dapat memenangkan permainan judi online anda harus memahami cara bermain togel dengan benar sehingga akan memudahkan anda dalam memperoleh kemenangan. Bermain togel secara online selain lebih aman, main togel online juga menguntungkan loh. Karena total kemenangan yang diperoleh lebih besar, pemain yang ikut bermain pun juga banyak sehingga jackpot dapat mencapai ratusan juta rupiah atau lebih.
    Ada banyak cara untuk memprediksi angka togel yang akan keluar, dengan data data yang ada maka angka togel bisa diprediksi. Data data angka togel dapat dipergunakan untuk menemukan dan menentukan AK (Angka Kontrol) AM (Angka Main) AI (Angka Ikut) untuk Togel 2d, Togel 3d, Togel 4d 6d (Angka Control/Kontrol) menentukan Angka CB (Colok Bebas), Colok Macau, Toto Mako, Colok Macao (CM) – Colok Naga (CN Togel) yang keseluruhannya. Berdasarkan analisis dan perhitungan secara keseluruhan mengenai data data angka togel yang keluar sebelumnya maka diperoleh hasil prediksi togel jitu terbaik. prediksi togel jitu terbaik 100% tembus angka togel yang keluar. Anda harus memperhitungkan dan memperhitungkan lagi kemungkinan angka keluar. Faktor keberuntungan juga sangat berpengaruh penting dalam menentukan kalah menangnya anda dalam bermain togel. Anda bisa bermain togel di beberapa pasaran togel yang ada di indonesia seperti pasaran togel singapore. Pasaran togel singapore banyak dimainkan oleh para pecinta judi di indonesia.Dan Apabila Anda Ingin Mendapatkan Nomor Jitu 2D 3D 4D 6D Dari Mbah Agus Darma Selama Lima Kali Putaran,Silahkan Bergabung dengan Uang Pendaftaran Paket 2D Sebesar Rp. 500.000 Paket 3D Sebesar Rp. 700.000 Paket 4D Sebesar Rp. 1.000.000 Paket 6D Sebesar Rp. 1.500.000 dikirim Ke Rekening BRI.Atas Nama:No Rekening PENDAFTARAN MEMBER FORMAT PENDAFTARAN KETIK: Nama Anda#Kota Anda#Kabupaten#Togel SGP/HKG#DLL LALU kirim ke no HP : ( 0823-8738-4409 ) SILAHKAN HUBUNGI EYANG GURU:0823-8738-4409

    BalasHapus
  40. (MERIT HOPE LOAN COMPANY)

               APAKAH ANDA MEMBUTUHKAN PINJAMAN?

    Halo Nyonya, semoga harapan, pinjaman yang sah dan dapat diandalkan untuk pinjaman
    dalam syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dimengerti dengan suku bunga 2%. dari
    USD $ 12.000 sampai $ 8.000.000, euro dan pound saja. Saya memberikan pinjaman usaha,
    Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mobil dan pinjaman untuk membayar tagihan. jika kamu
    butuh loana2
       Yang harus Anda lakukan adalah agar Anda menghubungi saya secara langsung
    In: (merithope6@gmail.com)
    Tuhan memberkati Anda.
    Hormat kami,
    Nyonya: merit Hope
    Email: (merithope6@gmail.com)

    Catatan: Semua tanggapan harus dikirim ke: (merithope6@gmail.com)

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    BalasHapus
  42. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !! Kami meminjamkan kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan bunga rendah dan harga terjangkau 2%. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)


    APLIKASI DATA



    1) nama ...........................

    2) Negara .......................

    3) Alamat ......................

    4) Jenis Kelamin ........................

    5) status perkawinan .............

    6) Bekerja ................

    7) Nomor Telepon ...........

    8) posisi di tempat kerja .....

    9) penghasilan bulanan ....................

    10) total pinjaman .........

    11) durasi pinjaman .....

    12) Tujuan pinjaman ..................

    13) Tanggal lahir ........................



    Terima kasih.

    BalasHapus
  43. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  44. Nama saya RONI DILLA, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman Internet karena begitu banyak kreditur Internet di sini adalah scammers dan mereka hanya berbagi cerita untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan permohonan untuk pinjaman sebesar Rp500.000.000 dari seorang wanita di Jerman dan saya kehilangan jumlah Rp15.000.000 tanpa mendapatkan pinjaman,

    Pada tanggal 27 September 2017, teman saya Suri Yono di tempat saya memberi tahu saya bagaimana dia mengajukan pinjaman dari CAPITAL LOAN CENTER dan dia akhirnya menerima pinjamannya. Saya tidak pernah mempercayainya sampai saya pergi bersamanya ke bank untuk memastikannya dan saya kagum karena saya telah kehilangan banyak uang hanya untuk mendapatkan pinjaman untuk keluarga saya.

    Semoga ALLAH memberkati Madam yang baik atas apa yang dia lakukan terhadap saya dan rumah tangga saya, saya mengatakan kepada teman saya untuk mengenalkan saya kepada ibu yang baik. Tomasa Justin, PUSAT MODAL, dia melakukan dan mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000.

    Saya mematuhi persyaratan dan persyaratan pinjaman perusahaan dan permohonan pinjaman saya disetujui untuk saya tanpa tekanan dan kesulitan.

     Akhirnya, saya menerima pinjaman di rekening bank saya dan saya menghubungi teman saya Suri Yono bahwa saya telah menerima pinjaman tersebut dan saya juga telah mengenalkan begitu banyak orang kepada ibu yang baik, Ibu MARIA PEDRO.

    Saya ingin Anda membaca kesaksian saya untuk menghubungi ibu yang baik jika Anda memerlukan pinjaman sehingga Anda juga akan bersaksi tentang niat baik ibu baik itu.

    jadi saya menggunakan jalan ini untuk memberi tahu setiap orang Indonesia dan orang lain yang layak untuk membaca kesaksian saya dan dia memerlukan pinjaman untuk dihubungi.
    Madam MARIA PEDRO via EMAIL: [mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com]
    Yono via dia EMAIL: YONOSURI702@GMAIL.COM
    Anda tetap dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui EMAIL: ronidilla5@gmail.com
    Anda juga bisa menghubungi teman saya Suri
    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    BalasHapus
  45. CERITAAYO SEMUA BERMAIN DI TOGEL PELANGI
    JANGAN LEWATKAN PROMO DARI KAMI

    KONTAK KAMI :
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-TOGELPELANGI-NET

    SALAM JACKPOT DARI KAMI :)

    BalasHapus
  46. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kami di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda terjadi di masa lalu !! Kami meminjamkan kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan bunga rendah dan harga terjangkau 2%. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (mariapedroguaranteetrustloan@gmail.com)


    APLIKASI DATA



    1) nama ...........................

    2) Negara .......................

    3) Alamat ......................

    4) Jenis Kelamin ........................

    5) status perkawinan .............

    6) Bekerja ................

    7) Nomor Telepon ...........

    8) posisi di tempat kerja .....

    9) penghasilan bulanan ....................

    10) total pinjaman .........

    11) durasi pinjaman .....

    12) Tujuan pinjaman ..................

    13) Tanggal lahir ........................



    Terima kasih.

    BalasHapus
  47. Halo,
    Saya adalah basis dana Pinjaman Watts sebagai pemilik sah dari sebuah pinjaman yang cepat dan bertanggung jawab, yang
    berikan pinjaman jangka pendek dan jangka panjang kepada semua individu
    dan pelaku bisnis / wanita yang berminat harus menghubungi lebih banyak
    tentang diri Anda: wattsgerald0000@gmail.com

    BalasHapus
  48. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa
    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus
  49. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan pinjaman? Anda benar-benar membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda berhutang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis dan semua jenis pinjaman dengan bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (pattersonnullloanfirm@gmail.com)

    BalasHapus
  50. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 10%
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis
    Rollingan Bulanan 0.1% (setiap tanggal 2)

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE

    Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 10%
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis
    Rollingan Bulanan 0.1% (setiap tanggal 2)

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE



    BalasHapus
  51. Karna Di ERTIGAPOKER Sedang ada HOT PROMO loh!
    Bonus Deposit Member Baru 10%
    Bonus Deposit 5% (klaim 1 kali / hari)
    Bonus Referral 15% (berlaku untuk selamanya
    Rollingan Mingguan 0.3% (setiap hari Kamis
    Rollingan Bulanan 0.1% (setiap tanggal 2)

    ERTIGA POKER
    ERTIGA
    POKER ONLINE INDONESIA
    POKER ONLINE TERPERCAYA
    BANDAR POKER
    BANDAR POKER ONLINE
    BANDAR POKER TERBESAR
    SITUS POKER ONLINE
    POKER ONLINE


    BalasHapus
  52. Di dalam Islam Allah mengajarkan kepada kita bagaimana memberi yang terbaik terutama ketika tetangga Anda dalam kebutuhan keuangan, karena kami dan seluruh staf RAMADHAN ISLAMIYAT LOAN FIRM sampai pada kesimpulan bahwa kami harus menyediakan bantuan keuangan bagi mereka yang berada di keuangan kebutuhan seperti mereka yang membutuhkan dana untuk ekspansi bisnis mereka yang membutuhkan uang untuk proyek yang sangat tinggi didirikan dan kami memberikan pinjaman kepada semua saudara muslim dan saudari kita dan juga untuk non muslim seperti Mashallah {ما شاء الله}

    Mata uang kami berkisar dari {$, IDR, RM, €, £} ke mata uang lainnya dan semuanya sesuai dengan peraturan Dana Moneter Internasional {IMF} untuk transfer uang sehingga cukup untuk mengatakan bahwa kami sepenuhnya berlisensi untuk mengoperasikan dan bertransaksi bisnis dalam mata uang apa pun di dunia, silakan hubungi kami {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}
       Apakah Anda berutang harap menghentikan kepanikan proses kami di sini sangat cepat dan cepat karena Anda dapat membayar semua hutang terutang Anda dalam waktu 48 jam setelah melamar
    RAMADHAN adalah semua tentang kekudusan sehingga kita tidak menipu atau menipu semua yang perlu Anda lakukan hanya bagi Anda untuk memiliki penghasilan stabil juga harus ada sarana di mana Anda dapat mengidentifikasi diri Anda {KTP} dan kemudian Anda harus memiliki Bank akun di mana Anda ingin kami menyimpan email uang ::::: {ramadhanislamiyatloans@gmail.com}

        Proses di sini tidak rumit, melainkan sangat cepat dan fleksibel

    Wa 'alaykum al-salaam {وعليكم السلام}

    BalasHapus
  53. Hari yang baik untuk orang-orang baik dari Indonesia Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana pemberi pinjaman yang baik Anthony Yuliana Lenders membantu saya dan mengubah hidup seluruh keluarga saya dengan pinjaman besar, nama saya Aida Ninin dari Indonesia, saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman palsu yang menjanjikan saya pinjaman tetapi saya kecewa, saya telah kehilangan Rp 20.000.000 juta ketika saya mengajukan permohonan sebesar Rp 800.000.000 juta saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. Bisnis saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak saya. Saya tidak tahan lagi dengan hal ini, saya bertemu dengan seorang teman yang bernama Jerry Andi. Dia memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman yang baik, Anthony Yuliana Lenders yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di perusahaan dan saya mendapatkan jumlah yang tepat yang saya ajukan, saya mendapatkan jumlah pinjaman Rp 800.000.000 juta dari Anthony Yuliana Lenders setelah saya membayar asuransi pinjaman dan biaya transfer dan saya sangat senang, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Allah, semoga Allah terus memberkati Anthony Yuliana Lender Saya juga akan ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberi saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman asli dan ingin mendapatkan pinjaman cepat dengan bunga 1%, cukup daftarkan ibu yuliana melalui email: (anthony.yulianalenders@gmail.com) Anda dapat juga menghubungi saya melalui email, (aidaninin12@gmail.com)

    BalasHapus
  54. Ya ..... jika Anda berpikir Anda telah ditipu sebagai akibat dari transaksi yang terlibat dalam pinjaman dari pemberi pinjaman yang berbeda dan sebagai akibat dari itu Anda memiliki harapan longgar dalam pinjaman jangan khawatir trauma Anda berakhir karena saya adalah kesaksian hidup RAMADHAN ISLAMIYAT PINJAMAN sebelum sekarang saya ditipu oleh kreditur fiktif yang saya bayar 2,3juta sebagai biaya kemudian setelah itu saya ditagih lagi 2,7juta untuk kejutan terbesar saya, saya diminta untuk membayar biaya lain lagi, maka saya sangat trauma. tetapi ketika saya datang di RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS saya memutuskan untuk mencoba setidaknya untuk terakhir kalinya karena keberuntungan mungkin telah mendapatkan pinjaman saya disetujui dan setelah beberapa jam pinjaman saya disalurkan melalui transfer Bank ke Bank ke dalam rekening BANK MANDIRI saya. dengan ini saya sangat senang dan saya benar-benar diberkati, silakan melampaui trauma masa lalu Anda dan dapatkan pinjaman dari RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS segera


    Gmail: ramadhanislamiyatloans@gmail.com

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum Wr Wb





    Kami di Arab Credit Group telah luar biasa ketika datang untuk membantu orang-orang dalam masalah keuangan dan mereka dengan utang yang tak terhitung jumlahnya untuk membayar, tugas kami adalah untuk membantu Anda dengan pinjaman untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda, dan menjadi stabil keuangan lagi. platform pembayaran kami sederhana, kami memberikan pinjaman dengan suku bunga 1,60% terendah yang dapat Anda temukan, Arab Credit Group adalah Perusahaan Pinjaman yang dimiliki oleh Keluarga Arab kami telah memutuskan untuk membantu saudara dan saudari kami untuk menjadi kuat secara finansial seperti yang diperintahkan Allah. kami di sini untuk memberi Anda bantuan untuk sukses dalam hidup.

    Hubungi kami dengan.
    Perusahaan: Arab Credit Group
    Email: Arabcreditgroup@gmail.com

    BalasHapus
  56. Susah cari Situs Judi Online yang bisa di percaya...?
    Mari gabung di AGEN BANDARQ TERBAIK
    Bonus Refferal 20%
    Bonus Turn Over 0,5%
    Agen Judi Online Terbesar dan Terpercaya se asia
    Daftar dan buktikan sendiri sekarang juga..
    WHATSAPP : +855967014811
    PIN BB : 2B209F68

    BalasHapus
  57. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Nyonya Nurliana Novi, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar mendukung saya melalui ibu yang baik Nyonya Elina

     Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya kepada Nyonya Elina, yang adalah pemilik dari sebuah perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk mengajukan permohonan dari Nyonya Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan menyarankan Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya adalah satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati dari orang-orang ini baik-baik saja

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  58. Selamat hari untuk semua warga negara Indonesia dan juga semua ASIA, nama saya Nyonya Nurliana Novi, tolong, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah benar mendukung saya melalui ibu yang baik Nyonya Elina

     Setelah beberapa periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya kehilangan Rp 15.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian intorduce saya kepada Nyonya Elina, yang adalah pemilik dari sebuah perusahaan pinjaman global, jadi teman saya meminta saya untuk mengajukan permohonan dari Nyonya Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ny. Elina.

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan pada transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk pinjaman transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima panggilan dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya.


    Mereka juga memiliki tim ahli yang akan menyarankan Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda.


    Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina untuk membuat hidup mudah bagi saya, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda

    Ada perusahaan palsu lain online menggunakan kesaksian saya untuk mencapai keinginan egois mereka, saya adalah satu-satunya dengan kesaksian yang benar ini, ketika Anda menghubungi kemudian meminta mereka untuk bukti pembayaran di sana kepada ibu ,, harap berhati-hati dari orang-orang ini baik-baik saja

    Akhirnya saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda.
    Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    BalasHapus
  59. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal di Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran konkrit kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, terkadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria, Singapura, dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya menelepon EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs ESTHER PATRICK. Manajer cabang Perusahaan pinjaman, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman sebesar Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mengalihkan pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa Rp600.000.000 yang saya lamar telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya bukti dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik LADY ESTHER telah melakukannya dalam kehidupan saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentangnya, Dia menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati LADY ESTHER untuk pekerjaan baiknya dalam kehidupan dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk menanyakan detail lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  60. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  61. Halo, saya Tricia wilson, pemberi pinjaman kredit pribadi, apakah Anda berhutang? Anda butuh dorongan finansial? Saya terdaftar secara hukum dan disetujui untuk mengendalikan lembaga keuangan. Saya memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk setiap orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat melunasi pinjamannya, dengan tarif 2%. Saya memberikan pinjaman via transfer rekening atau cek bank juga support. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman terkemuka kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: triciawilsonloanfirm@gmail.com, Kami adalah profesional Perusahaan Industri Keuangan dengan Pengalaman Lebih dari 15 Tahun dan fokus untuk menyediakan 25 Bank Perdana Bank Dunia terutama dari Barclays, Deutsche Bank, HSBC, Credit Suisse ,.

    FITUR:
    Jumlah dari $ 1 juta sampai 50 Miliar +
    Euro atau Dolar AS
    Rp 5 juta sampai 50 Milyar +
    Great Tricia Trust Account Protection
    Disampaikan via MT760, MT799 dan MT103 Swift dengan Full Bank Responsibility
    Pialang Selalu Lindungi

    Kami Memfasilitasi instrumen Bank SBLC untuk Lease and Purchase. Apakah Anda adalah perusahaan startup, menengah atau besar baru yang memerlukan solusi finansial untuk mendanai bisnis Anda, membuat penyedia garansi bank yang terpercaya dan terpercaya yang bersedia mendanai Dan memberikan solusi pembiayaan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis spesifik Anda.

    AA menilai bank dunia seperti HSBC, Barclays, Dutch Ing Bank, Llyods e.t.c Karena itu adalah strategi terbaik dan teraman untuk klien kami.e.t.

    Agen Tertarik, Pialang, Investor dan Individu yang mengusulkan dana proyek internasional harus menghubungi kami.



    Nama: Tricia Wilson
    Kontak Mail: triciawilsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus


  62. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus

  63. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  64. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  65. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  66. Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  67. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  68. Saya Mia Fitriani dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang agar mudah berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak kreditur di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda saya meminta pinjaman sekitar 80 juta di atas seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 12 juta tanpa pinjaman, mereka bertanya lagi dan lagi untuk rumah kos, saya membayar hampir 12 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman,

    Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman baru yang dulunya dipinjamkan, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada Nyonya Magret Spencer, dan saya memohon 50 juta, saya pikir dia cerdas dan penipu, tapi Saya mendapat pinjaman saya kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa pagar. Saya sangat senang karena saya telah diselamatkan daripada menjadi miskin.

    Jadi saya menyarankan semua penghuni di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Nyonya Magret Spencer, melalui e-mail: magretspencerloancompany@gmail.com

    Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui e-mail: miafitriani133@gmail.com

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya dan Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera, dan saya merasa bahagia bahwa saya dan keluarga saya lagi.

    BalasHapus
  69. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY
    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. InvestorEmail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor (+393510533429) jujur pada layanan kami.Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  70. Halo, semuanya, tolong, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki kehidupan yang sehat tanpa stres dan kesulitan keuangan,

    Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya telah ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari kreditur online yang sah dalam kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya tentang bagaimana cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan

    Saya mengajukan jumlah pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa itu tidak memerlukan jaminan untuk transfer. pinjaman, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya telah dikreditkan dengan jumlah 900 juta. Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberikan hati saya harapan.

    Terima kasih banyak untuk Ms. Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. Maria dengan baik melalui E-mail (mariaalexander818@gmail.com) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090) untuk informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda,

    Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya adalah kabu layu, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: (kabulayu18@gmail.com)
    Terima kasih semua.

    BalasHapus